About Our Blog

Hello World!

Di blog ini, kami ingin share beberapa hal yang berkaitan dengan sekretaris, terutama pendidikan sekretari. Mengapa sekretari? Ya, karena kami adalah mahasiswi akademi sekretari.

Sering kali, saat teman, kerabat, atau saudara menanyakan studi yang sedang kami jalani, mereka terkejut ketika mengetahui jurusan sekretari sebagai pilihan studi kami. Ada yang merespon, “Sekretaris? Emang ada sekolahnya, ya?”, “Hah? Sekretaris? Kerjaannya nulis-nulis terus gitu dong?”, bahkan ada pula yang menanggapi miring, “Jadi sekretaris? Emangnya kamu mau jadi simpanan bos?”, and so on.

Siapapun bisa menjadi seorang sekretaris. Memang, di dunia kerja dapat kita jumpai orang-orang yang mampu menjadi sekretaris profesional dan sukses tanpa harus menempuh pendidikan sekretari. Lalu apa guna mengenyam pendidikan sekretari?

Mari kita terlebih dahulu memahami “sekretaris”. Kata sekretaris berasal dari bahasa Latin, yaitu secretum yang artinya rahasia. Orang yang memegang rahasia disebut sebagai secretarium atau secretarius. Dalam bahasa Prancis disebut secretaire, dalam bahasa Belanda disebut secretaries, sedangkan dalam bahasa Inggris disebut secretary yang berasal dari kata secret, artinya rahasia. Sesuai dengan arti asalnya maka seorang sekretaris harus dapat menyimpan rahasia karena lingkup kerjanya berkaitan dengan hal-hal yang bersifat rahasia.

Oleh karena sekretaris diharapkan mampu menangani berbagai rahasia perusahaan, seorang sekretaris sebaiknya menguasai berbagai bidang pekerjaan di tempatnya bekerja. Dengan demikian, dalam pendidikan sekretari, seorang calon sekretaris profesional dibekali berbagai ilmu pengetahuan dan keahlian yang mendukung kinerjanya untuk mampu menguasai berbagai bidang pekerjaan. Bekal tersebut meliputi keterampilan manajerial, kearsipan, pembukuan, korespondensi, komunikasi, dan keahlian-keahlian lain di bidang yang menjadi ciri khas profesi sekretari seperti pengembangan kepribadian, etika profesi, dan masih banyak lagi.

Jadi, pekerjaan sekretaris bukan cuma soal tulis menulis maupun “memikat hati” atasan, kan? Seperti apa saja detilnya? Ikuti terus perkembangan blog kami ya.😀

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s